Sekolah Hutan Wakaf, Ajarkan Siswa Cinta Lingkungan

Yayasan Pendidikan Sosial & Ma’arif Taman Sidoarjo baru-baru ini telah meluncurkan program Sekolah Hutan Wakaf. Program ini merupakan bentuk kepedulian YPM untuk turut serta menjaga ekosistem lingkungan. Sekolah Hutan Wakaf YPM sendiri dilaksanakan dengan moda Blended Learning (Daring dan Luring) yang diikuti oleh perwakilan siswa-siswi SMA/SMK di lingkungan YPM sebagai peserta.

Pelaksanaan Sekolah Hutan Wakaf secara daring sudah dimulai sejak tanggal 7 – 10 Agustus 2023. Sedangkan moda Luring dilaksanakan mulai tanggal 11-13 Agustus 2023. Peserta Sekolah Hutan Wakaf langsung menuju lokasi Hutan Wakaf yang terletak di Desa Ngembat Kec. Gondang Mojokerto. Peserta Sekolah Hutan Wakaf belajar banyak hal tentang lingkungan, mulai dari menanam, merawat hingga cara melestarikan lingkungan.

Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena peserta diajak untuk terlibat secara langsung dengan praktik dilapangan. Hal ini juga menjadikan peserta lebih aktif, kritis dan aktual dalam mengimplementasikan materi yang telah diberikan oleh para Instruktur Sekolah Hutan Wakaf. Materi yang diberikan mulai dari perawatan tanaman dan lingkungan sekitar, menganalisis karbon yang dihasilkan oleh pohon, analisis vegetasi dan satwa, hingga debit arus dan penyulingan air sungai. Materi ini mengacu pada Buku Sekolah Hutan Wakaf yang sebelumnya disusun oleh Para Guru YPM Lintas Mata Pelajaran yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka dan Society 5.0.

Instruktur Sekolah Hutan Wakaf terdiri dari Guru YPM, Praktisi Pecinta Alam, dan Dosen Lingkungan Hidup. Semua berkolaborasi untuk memberikan pengalamannya kepada Peserta Sekolah Hutan Wakaf yang nantinya dapat diimplementasikan di Rumah maupun Sekolah Formal masing-masing. (Mr.R)

You may also like...