Hari Raya Idul Adha 1444 H, YPM Sembelih 13 Ekor Sapi

Momen Hari Raya Idul Adha 1444 H dirayakan oleh Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) dengan melaksanakan perintah Allah yang terkandung dalam Surah Al-Kautsar ayat 2 yaitu berqurban. Kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan tersebut diselenggarakan di komplek YPM Ngelom Taman, Sidoarjo pada Sabtu, (01/07/2023). Sebanyak 13 ekor sapi disembelih dalam waktu satu hari. Sebelumnya, pada (28/06/2023) juga dilakukan kegiatan takbiran yang diikuti oleh sejumlah siswa di Grha Anugerah Gusti Ngelom juga pembagian kue di wilayah Kecamatan Taman dan sekitarnya.

Pada tahun ini yang menjadi panitia adalah SMP YPM 1 Taman. Ibnu Athoillah, selaku ketua pelaksana menjelaskan tempat pemotongan hewan qurban di Ngelom karena di lokal Megare akan digunakan kegiatan yang lain.

“Dikarenakan di Megare ada kegiatan para Majlis Muallimil Qur’an guru Qiroati sehingga pemotongan hewan qurban dilaksanakan di komplek Ngelom seperti tahun tahun sebelumnya,”  ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa qurban tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Selain jumlah hewan qurban yang didistribusikan lebih banyak dari tahun sebelumnya, di tahun ini juga ada sekitar 50 kambing hidup yang didistribusikan ke masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, Siswa-siswi YPM  juga dilatih berqurban dengan memberikan Iuran. Hewan-hewan  qurban hasil kontribusi keluarga besar YPM, diantaranya dari SMA Wachid Hasyim 2, SMP YPM 1 , SMK YPM 2, SMK YPM 3, SMK YPM 1 juga UMAHA (Universitas Maarif Hasyim Latif), serta dari keluarga besar pendiri YPM.

Daging Qurban yang sudah dipotong dan dikemas, nantinya akan dibagikan ke sebagian siswa, staff YPM, sebagian guru, dan masyarakat sekitar YPM.

“Alhamdulillah senang juga bisa ikut berqurban walaupun hanya dengan uang lima puluh ribu. Semoga yang menerima daging qurban dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Nona, salah satu siswi penerima daging qurban.

Sementara itu, Ibnu Athoillah mengatakan harapan dari terlaksananya qurban tahun ini, “Harapan kita semua adalah kita bercita cita agar bisa qurban.  Bapak ibu guru terutama keluarga pendiri YPM yg telah ber qurban semoga qurbannya diterima oleh Allah SWT” ujarnya.

You may also like...