Program Bahagia Belajar, Ajak Siswa “Out Door Learning”

Sidoarjo – Program Bahagia Belajar atau yang disingkat BABE ini menjadi topik trending Sekolah Menyenangkan yang diimplementasikan SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Bagaimana tidak, dalam satu pekan tidak adanya proses belajar mengajar siswa secara akademik. Melainkan pembelajaran non akademik.

Pembelajaran Non Akademik yang dimaksud yakni kegiatan siswa yang menyenangkan dalam satu pekan. Terdapat tema yang diusung di tiap bulannya, seperti permainan tradisional, pekan bahasa dan batik, belajar di luar sekolah seperti belajar di kampus, di masyarakat hingga gedung DPRD dan banyak tema lainnya yang menarik yang bertujuann agar siswa bahagia karena mendapatkan pengalaman lain di luar kelas.

Desain Program BABE (Bahagia Belajar) sudah didesain oleh Tim Pengembang SMA Wachid Hasyim 2 Taman yang dikomandoi oleh Rahmad Sugianto, M.Pd. sejak Januari 2024. Desain program BABE ini berkolaborasi dengan OSIS, ekstrakurikuler, dan komunitas siswa yang ada di sekolah. Terdapat 24 ekstrakurikuler dan komunitas yang berkolaborasi. Program BABE memfasilitasi ide – ide unik kegiatan dari ekstrakurikuler dan komunitas untuk diangkat menjadi kegiatan seluruh siswa siswi serentak bersamaan.

Harapannya dari Program BABE dapat mengakomodir dan memunculkan karakter peduli, komunikasi, kolaborasi, kritis dalam pemecahan masalah, kreatif dan inovatif, tangguh dan tanggung jawab yang jarang didapatkan di pembelajaran akademik.

Program BABE tidak mengganggu kegiatan belajar kelas 12, karena justru mampu meningkatkan psikomotorik siswa karena mereka dinilai lebih membutuhkan motivasi semangat belajar untuk tujuan hidup yang lebih baik setelah lulus sekolah.

Tour kampus juga masuk salah satu program pekan bahagia belajar kelas 12 untuk memberikan kesan belajar di perkuliahan dan merangsang minat siswa siswi untuk fokus belajar di bidang nya masing-masing.

Tim Jurnalistik – Jasmine