KHUSYU’, KELAS XII AKHIRI UJIAN DENGAN KHOTMIL QUR’AN DAN TUMPENGAN

Tanpa terasa Ujian Satuan Pendidikan telah berakhir tepat Rabu, 15 Maret 2023. Ujian yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII tersebut berlangsung cukup lama yaitu selama 13 hari. Tentu hal ini menguras tenaga dan pikiran para siswa yang sudah memasuki babak akhir di jenjang Pendidikan SMA. Sekolah memiliki cara untuk mencairkan ketegangan tersebut sekaligus memberikan pengalaman spiritual kepada para siswa.

Sehari setelahnya, pada hari Jum’at, 17 Maret 2023 sekolah menyelenggarakan khotmil qur’an sekaligus tasyakuran khusus siswa kelas XII. Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas selama bertahun-tahun itu menjadi kegiatan pamungkas bagi kelas XII karena setelah in imereka akan melaksanakan pembelajaran sesuai minat masing-masing.

Acara yang dilangsungkan di grha Anugerah Gusti 1 komplek Ngelom dimulai sejak pagi hari usai doa awal belajar dan berakhir sekitar pukul 09.00 WIB. Tampak sejumlah wali kelas XII juga turut mendampingi anak didiknya masing-masing. Mereka dibagi per kelas dan setiap kelas mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali. Para siswa tersebut diminta untuk membawa tumpeng sebagai bentuk tasyakur kepada Allah SWT, atas kelancaran ujian dan kegiatan belajar mereka hingga sampai di kelas XII. Tidak hanya tumpeng, para siswa juga membagikan sejumlah nasi kotak kepada bapak dan ibu guru.

Acara berakhir usai dibacakan doa khotmil qur’an yang pagi itu dipimpin oleh Drs. H. Abdul Malik, M.Pd.I slah satu guru agama yang senior di SMA Wachdi Hasyim 2 Taman. Para siswa kelas XII pun menikmati tumpeng dengan makan bersama bak santri di pesantren. (ummi)

You may also like...