UJIAN PRAKTIK AGAMA ISLAM (PAI) DISAMBUT ANTUSIAS SISWA KELAS XII

Praktik Memandikan Jenazah

Mengawali semester genap, SMA Wachid Hasyim 2 Taman mengadakan ujian praktik agama yang ditempatkan di Grha Anugerah Gusti. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 30 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Terdapat setidaknya 8 materi yang diujikan yaitu memandikan jenazah, mengafani jenazah, menyolati jenazah, wudlu, tayammum, tahlil, sholat shubuh dan wirid.

Tujuan dari dilaksanakannya ujian praktik agama ini adalah mematangkan Kembali pemahaman dan pengetahuan siswa yang telah didapatkan selama kelas X dan XI serta membekali para siswa untuk sisap terjun di masyarakat. Salah satu media praktikum yang digunakan dalam praktik memandikan jenazah adalah boneka manekin yang terbuat dari karet sedangkan pada praktik mengafani jenazah para siswa menjadikan salah satu anggota kelompok dari teman mereka sendiri sebagai alat praktik yang dikafani sebagaimana orang meninggal dunia sebenarnya.

Hal ini tidak lain agar para siswa benar-benar memperoleh pengalaman belajar yang sesungguhnya yang akan dihadapi nanti sehingga saat dibutuhkan mereka sudah tidak lagi canggung.

“Saya berharap siswa dari SMA Wachid Hasyim 2 Taman – YPM Sepanjang ini, setelah ujian praktik mereka dapat melaksanakan pelajaran-pelajaran agama yang selama ini hanya berupa teori dan semoga dari adanya ujian praktik ini diharapkan mereka dapat menemukan apa yang mereka cari dan pelajari selama di SMA Wachid Hasyim 2 Taman – YPM Sepanjang ini,” Ucap Bapak H. Abdul Malik Masduki, M. Pd.I guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Para siswa juga tertantang untuk mempersiapkan lebih awal dalam mengikuti ujian praktik ini. Pasalnya banyak bacaan yang harus dipelajari, meskipun sebelumnya telah mereka hafal pada kelas X dan XI.  “Banyak hal yang perlu kita siapkan salah satunya menghafal doa-doa untuk ujian praktik kali ini,” Ujar Novia, kelas 12 IPA 4. “Perasaan saya dalam menghadapi ujian praktik ini sangat takut karena banyak doa-doa yang harus di hafal kan dan juga ini adalah penilaian terakhir dari sekolah untuk kelas 12,” lanjutnya saat diwawancarai oleh Tim-Jurnalistik WH 2sesaat setelah selesai praktik tayammum.

(Tim Jurnalistik WH 2)

You may also like...