Pengasuh Pengajian Kitab “Al-Hikam” di YPM, KH. Moch. Djamaluddin Ahmad Tutup Usia.

Kabar berpulangnya KH. Moch. Djamaluddin Ahmad keharibaan Allah SWT. langsung menyebar melalui media sosial. Pengasuh pengajian kitab “Al-Hikam” di YPM (Yayasan Pendidikan & Sosial Ma’arif) Taman Sidoarjo itu tutup usia pada Kamis, 24 Februari 2022 dini hari.

Ribuan santri, alumni dan muhibbin Kyai Djamal, demikian beliau akrab dipanggil segera membanjiri halaman ndalem beliau di Sambong Dukuh Jombang. Kyai Djamal yang juga pendiri Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin, Pondok Pesantren Al-Amanah dan Pesantren Yatim Al-Fattah Tambak beras adalah menantu dari Al-Maghfurlah KH. Abdul Fattah Hasyim.

Sebelum musim pandemi, Kyai Djamal istiqomah memberikan pengajian kitab “Al-Hikam” di YPM yang diikuti oleh seluruh guru di lingkungan YPM dan masyarakat umum sekitar Taman. Pembawaan yang kalem, tutur sapa yang santun disertai dengan kisah-kisah ulama dan auliya’ menjadikan ilmu-ilmu hikmah yang disampaikan oleh beliau mudah diterima oleh orang awam.

Selama pandemi yang sudah berlangsung 2 tahun ini, beliau tidak lagi mengaji. Kesehatan beliau pun mulai menurun dan sempat dikabarkan beberapa kali jatuh sakit. Kyai yang selalu mengajarkan sikap tawadlu’, qona’ah dan istiqomah dalam mendidik murid, kini telah menghadap sang Ilahi. Cukup banyak untaian hikmah yang telah beliau ajarkan kepada para guru sebagai bekal untuk menjadi guru yang tidak hanya menjadi pekerjaan dunia tetapi bisa bernilai ibadah sekaligus bekal saat nanti kita bertemu dengan Allah pemilik segala-Nya.

You may also like...