WORKSHOP MANAJEMEN FILE ABAD 21 di SMA WH-2 TAMAN

Pelaksanaan Workshop Manajemen File Abad 21 di hadiri oleh Ir. H. A. Makki, M.Pd. selaku ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif yang bertujuan supaya di era digital modern, semua yang ada dalam satuan pendidikan SMA WACHID HASYIM 2 dapat mempermudah dalam penyimpan data-data pribadi masing-masing ke dalam google drive.

Hendri Prastyono yang bertindak selaku narasumber kepada para peserta workshop manajemen file abad 21 yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. “Bapak/Ibu, silakan mengirimkan ke saya foto KK ke saya sekarang. Yang tercepat akan saya beri hadiah”.

“Alhamdulillah”. Dari 25 guru yang mengikuti workshop tersebut hanya ada satu orang guru yang dapat mengirimkan data yang diminta oleh nara sumber tak kurang dari 1 menit. Hal ini adalah gambaran kecil bahwa ponsel canggih yang dimiliki para guru belum dimanfaatkan secara  maksimal.

Pelatihan manajemen file ini dilaksanakan secara bertahap dengan sasaran awal 25 guru yang diharapkan nanti dapat mengimbaskan kepada guru-guru yang lain dan juga kepada siswa.

Tujuan utama dari workshop manajemen file ini adalah mengenalkan cara penyimpanan file dan data pribadi dalam sebuah drive yang sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat dicari dengan mudah tanpa harus mencari bukti fisik aslinya. Di samping itu, manajmen penataan file juga sangat diperlukan sehingga saat mencari file tersebut bisa ditemukan dengan mudah.

Desiminasi pelatihan kepada guru dan siswa dijadwalkan selesai akhir Januari sehingga semester genap ini guru dan siswa sudah langsung dapat mempraktikkan dalam program pembelajaran.

Selain manajemen file, para guru juga dilatih untuk mengompres file sampai ukuran terkecil mengingat kompres file ini termasuk kebutuhan guru saat ini yang seringkali diminta mengirimkan data dengan ukuran-ukuran tertentu.

Terimakasih.

You may also like...