PDKS SMA Wachid Hasyim 2 Taman, Menginspirasi Sekolah Lain

Sidoarjo, Anggota Penegak Disiplin dan Ketertiban Siswa atau yang lebih dikenal dengan PDKS melaksanakan Pra DIKLAT bagi calon anggota baru. Calon anggota angkatan 8 PDKS SMA Wachid Hasyim 2 Taman dari siswa kelas 10 pada Tahun Ajaran 2024-2025. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membekali para anggota baru dengan keterampilan kepemimpinan dan penegakan tata tertib di lingkungan sekolah. Serta, sebagai bentuk orientasi calon anggota baru PDKS SMA Wachid Hasyim 2 Taman.s

Pada, 5 oktober 2024 pukul 06.30 WIB pembukaan upacara kegiatan tersebut dibuka oleh Ummi Nahdliyah, M.Pd.I. selaku Kepala SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Beliau berpesan dan mengingatkan bahwa TRI PRANA PDKS yakni  Loyalis, Militan, Religius yang menjadi 3 energi/kekuatan/semangat PDKS. Loyalis, yang berarti anggota PDKS harus memiliki kepatuhan dan kesetiaan yang tinggi terhadap organisasi. Militan, yang berarti memiliki arti semangat juang yang tinggi terhadap organisasi, dengan merespon setiap perintah pimpinan secara cepat tanpa ragu-ragu. Religius, yang berarti memiliki sikap yang kuat dalam menjalankan ajaran agama sebagai cerminan atas ketaatan terhadap ajaran agama.

Pra DIKLAT yang diadakan selama dua hari dengan rangkaian kegiatan yang padat dan terstruktur. Materi seputar kepemimpinan, disiplin, dan tanggung jawabsimulasi penanganan pelanggaran tata tertib yang bertujuan untuk mengasah kemampuan anggota PDKS dalam menyelesaikan masalah secara tegas dan bijak. Tak hanya itu saja, latihan fisik dan pembentukan karakter menjadi ujung materi yang sangat dinanti oleh peserta.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan Upacara Penutupan yang dipimpin oleh Rahmad Sugianto, M.Pd. ( Waka. Kesiswaan ) selaku Instruktur Upacara. Ada tiga pesan yang disampaikan saat memberikan amanat, yakni :

Kepada siswa kelas 12 anggota PDKS angkatan 6, beliau berharap untuk melanjutkan pendidikan menuju ke Sekolah Kedinasan, TNI, atau POLRI. Pihak sekolah akan memfasilitasi dalam hal menjadi narahubung untuk siap dalam menghadapi Tes Penerimaan Aggota TNI atau POLRI.

Kepada siswa kelas 11 anggota PDKS angkatan 7, beliau berpesan untuk terus dan berkomitmen SAPTA DHARMA SETYA PDKS nya dijalankan

Kepada siswa kelas 10 calon anggota PDKS angkatan 8, berpesan “Saat ini anda melakukan apa yang siswa lain tidak akan lakukan, tapi ingatlah esok kelak anda akan mencapai apa yang siswa lain tidak bisa”

Tak hanya itu, menurut informasi dari waka kesiswaan juga menyampaikan bahwa PDKS SMA Wachid Hasyim 2 Taman menjadi inspirasi sekolah lainnya untuk membentuk PDKS di sekolah lingkungan YPM. Hal ini, membuktikan bahwa, pembentukan organisasi PDKS di SMA Wachid Hasyim 2 Taman dapat dikatakan berhasil.

–/M-45/–